Ads 468x60px

Kamis, 23 Desember 2010

Sistem Pengkodean

Ada Beberapa macam kode-kode komputer yang digunakan dari komputer generasi pertama hingga generasi sekarang, yakni :
1. Kode Hollerith
Kode ini diciptakan oleh Dr. Herman Hollerith. Kode ini memiliki susunan dan aturan-aturan tertentu. Contohnya pada kombinasi lubang pada punch card.
2. BCD Code
Kode BCD ini disusun oleh kombinasi 4 buah digit biner. kombinasi maksimalnya terbentuk dari 24, 16 yakni kombinasi saja. kode ini juga hanya dapat memuat simbol angka saja.
3. SBCDIC
SBCDIC (Standard Binary Coded Decimal Interchange Code) merupakan Kode yang disusun dari kombinasi 6 buah digit binary di tambah 1 (satu) digit untuk parity check. Kode ini pun mulai dipergunakan pada komputer generasi kedua dengan karakteristik A-Z, 0-9 dan spesial karakter tertentu. Kode kombinasi ini dapat dibentuk menjadi 64 kombinasi tombol ( 26 = 64). Dibagi atas 2 zone; Alpha Bit Position dan Numeric Bit Position.
4. EBCDIC
   EBCDIC (Extended Binary Coded Desimal Interchange Code) merupakan kode yang disusun dari kombinasi 8 buah digit binary di tambah dengan 1 digit parity check. kode ini mulai digunakan pada komputer generasi ketiga dan diciptakan oleh ANSI (American National Standard Information). Maksimal kode yang terbentuk adalah 256 kombinasi (28 = 256) yang terdiri dari karakteristik A-z, 0-9 dan spesial karakter.
5. ASCII
ASCII (American Standard Code for Information Interchange) merupakan sebuah kode biner yang telah distandarisasi oleh ANSI (American National Standard Information). kode ASCII terdiri atas ASCII-7 bit dan ASCII-8 bit. Kode yang terdapat pada ASCII-8 bit jauh lebih lengkap dari ASCII-7 bit. kode ASCII-7 itu sendiri  hanya mempunyai kombinasi kode 27 = 127, yaitu :
   +) 26 kode untuk huruf kapital (upper case) dari A - Z.
   +) 26 kode untuk huruf kecil (lower case) dari a -z.
   +) 10 digit desimal dari 0-9.
   +) 34 karakter kontrol untuk informasi status operasi komputer.
   +) 32 karakter khusus (spesial karakter).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar