Ads 468x60px

Kamis, 23 Desember 2010

Konsep Sistem Informasi

A. KONSEP DASAR SISTEM
Suatu sistem pada dasarnya adalah sekolompok unsur yang erat hubungannya  satu dengan yang  lain,  yang  berfungsi  bersama­sama  untuk  mencapai  tujuan  tertentu.Secara  sederhana, suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu. Dari defenisi ini dapat dirinci lebih lanjut pengertian sistem secara umu, yaitu :
1. Setiap sistem terdiri dari unsur­-unsur
2. Unsur­-unsur tersebut merupakan bagian terpadu sistem yang bersangkutan.
3. Unsur sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem.
4. Suatu sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar.

B.  KONSEP DASAR INFORMASI
Secara umum  informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk  yang  lebih  berguna  dan  lebih  berarti  bagi  penerimanya  yang  menggambarkan  suatu kejadian­kejadian  yang  nyata  yang  digunakan  untuk  pengambilan  keputusan.  Informasi merupakan  data  yang  telah  diklasifikasikan  atau  diolah  atau  diinterpretasi  untuk  digunakan dalam proses pengabilan keputusan.

C.  KONSEP DASAR SISTEM INFORMASI
Sistem  informasi  adalah  suatu  sistem  dalam  suatu  organisasi  yang  mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial  dengan  kegiatan  strategi  dari  suatu  organisasi  untuk  dapat  menyediakan  kepada pihak luar tertentu dengan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan. 
Sistem  informasi  dalam  suatu  organisasi  dapat  dikatakan  sebagai  suatu  sistem  yang menyediakan  informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi  tersebut kapan saja diperlukan. Sistem  ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah  dan mengkomunikasikan  informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasi atau peralatan sistem lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar