Ads 468x60px

Jumat, 24 Desember 2010

Cek Kemampuan AV anda

Perkembangan virus di dunia komputer bukan merupakan hal yang baru lagi jika kita telusur dari asal mulanya. Bersaing dengan virus, antivirus pun juga memilki background yang sama untuk mengalahkan Virus yang menyebar dengan teknik yang berbeda-beda. Keraguan pun bisa saja muncul pada antivirus yang kita pergunakan sekarang. Apabila anda terbelenggu keraguan atau kemampuan Antivirus anda, script yang disediakan oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research) bisa menjadi cara yang baik. Prosedurnya adalah sebagai berikut :
1. Buka Notepad anda, lalu copy dan paste kode dibawah ini di notepad anda.

X5O!P%@AP[4\PZX54(P^)7CC)7}$EICAR-STANDARD-ANTIVIRUS-TEST-FILE!$H+H*



2. Teks yang di paste ini harus dalam keadaan Horizontal (dalam artian tidakberganti baris/hanya 1 baris saja).
3. Lalu simpan file tersebut dengan ekstension .com, nama yang terserah anda. Pokoknya berakhiran .com (Contoh : antiviruscheck.com)
4. Jika beberapa saat setelah anda melakukan Save As file tersebut dan antivirus anda langsung mendeteksi sebagai virus maka antivirus anda berarti bekerja dengan baik.


Jangan takut file yang tadi kita buat tidak akan menginfeksi komputer kita walaupun terdeteksi oleh anti virus. script diatas merupakan Standard Text yang digunakan Oleh Para Developer Anti Virus Khususnya Oleh EICAR (European Institute for Computer Anti-virus Research). EICAR sendiri merupakan sebuah badan yang terfokus dalam bidang virus dan aktif dalam menciptakan sebuah standarisasi terhadap sebuah antivirus. Standarisasi ini dipergunakan untuk melihat reaksi sebuah antivirus ketika mendeteksi file yang dibuat oleh EICAR yaitu text file yang tadi kita buat dengan notepad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar